5 New Media
1. Path
Path adalah sebuah aplikasi jejaring
sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya
untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path
ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan
keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri
Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi
utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan
menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”
Perusahaan ini berawal dengan aplikasi pada iPhone dan juga
website lalu merilis versi Android kemudian. Perusahaan ini berkompetisi dengan
jejaring sosial lainnya seperti Instagram.
Berpusat di San Fransisco, California, perusahaan ini
didirikan oleh Shawn Fanning dan mantan Eksekutif dari Facebook, Dave Morrin.
Path didirikan dengan tujuan membuat sebuah jurnal yang interaktif bagi
penggunanya.
Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana
hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path
seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif
dari berbagai jejaring sosial yang ada. Path dapat digunakan
di iPhone, iPad, iPod Touch, dan Android versi
apapun. Aplikasi ini tersebar melalui Apple Application Store dan
berbagai situs aplikasi lainnya.
2. SoundCloud
SoundCloud adalah sebuah platform distribusi suara
secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi, dan distribusi dari
rekaman suara.
Fitur utama dari SoundCloud adalah memungkinkan seniman
meng-upload musik mereka dengan URL khusus. Yang dimana hal ini kontras
dengan MySpace, yang hanya memposting musik di situs MySpace. Dengan
membiarkan file suara yang akan tertanam di mana saja, SoundCloud dapat
dikombinasikan dengan Twitter dan Facebook untuk membiarkan anggota menjangkau
khalayak yang lebih baik.
3. Twitter
Twitter adalah layanan jejaring
sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang
dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006
oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan
Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs
yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan
singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya
bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan
melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui
berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat
meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih
dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah
pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat
terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter
mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari
1,6 miliar permintaan pencarian per hari.[9][10][11] Hal
ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai
situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari
yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
4. Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi
foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto,
menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai
layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang
unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga
terlihat seperti hasil kamera
Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda denganrasio
aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
Instagram dapat digunakan
di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan
sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru, dantelepon
genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke
atas. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App
Store dan Google Play.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan
bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar
$1 miliar.
5. Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring
sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan
dioperasikan olehFacebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki
lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya
menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat
menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk
pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama,
diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri
khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti
"Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama
teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo
Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris
Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard
saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League,
dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada
mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas,
dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu,
menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di
bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10
tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
SUMBER :
No comments:
Post a Comment