Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang
berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana
perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat,
produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang
dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan
teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar
teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali
memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat,
interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet,
website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang
telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu
memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam
perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat
mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek
ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media
diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Manfaat New Media
Dari penjelasan New Media diatas maka dapat diketahui New
Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
1. Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses
dimana saja dan kapan saja.
2. Sebagai Media transaksi jual beli
3. Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
4. Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
5. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
2. Sebagai Media transaksi jual beli
3. Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
4. Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
5. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
Berikut disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media
yaitu sebagai berikut:
Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data
pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
Komponen New Media
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan
Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media
karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial
diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain
sebagainya.
Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan
informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan
sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat
mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang
berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New
Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun
kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial
dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena
computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen
diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan
juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang
dalam pemakaiannya.
Aplikasi New Media
Seiring dengan berkembang pesatnya media saat ini, saya akan membahas tentang beberapa aplikasi new media yang sudah awam kita gunakan sehari hari sebagai sarana untuk membantu kita dalam berbagai bidang. Contohnya yang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah Facebook. Siapa yang tak kenal dengan jenis jejaring sosial ini? Dari mulai anak anak sampai orang dewasa bahkan sudah sangat familiar dengan nama ini. Begitu pula berbagai jenis aplikasi new media lain yang juga sudah banyak digunakan masyarakat. Beberapa contohnya akan saya bahas dalam artikel ini :
1. Facebook
Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
2. Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video
secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta
video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di
YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin
Flashplayer.
3. MySpace
4. Twitter
5. Wikipedia
Sumber : www.wikipedia.co.id
No comments:
Post a Comment