"Sang juara bukan yang tak pernah gagal, tapi yang tak pernah berhenti mencoba meski mengalami kegagalan, sampai kesuksesan menghampirinya"

Tuesday 15 November 2016

Pengalaman Pribadi : Menghormati Orang Lain

PENGALAMAN PRIBADI
SIFAT MENGHORMATI ORANG LAIN

Menghormati orang lain merupakan suatu sifat yang sangat diperlukan dalam kehidupan karena dengan menghormati orang lain , hidup menjadi damai dan tentram , saya selalu mencoba untuk menghormati orang lain dengan cara apapun dan sesederhana apapun , mulai memberi salam kepada orang lain , jadi saya punya pengalaman dan prinsip dalam hidup saya , saya harus menyapa/memberi salam kepada siapapun kenal ataupun tidak kenal pada orang tersebut , misal ketika saya dijalan dan ada yang menyeberangkan motor saya atau memberi jalan maka saya selalu menyapa mereka karena mereka sudah membantu saya .
Menghormati orang lain juga sangat perlu untuk menjaga silaturahmi , khususnya menghormati orang lain untuk orang yang lebih tua dari saya , misal dijalan atau di suatu tempat , maka saya selalu mendalukun orang yang lebih tua untuk duluan , dulu saya pernah di KRL , ketika saya dapat tempat duduk ternyata ada seorang kakek2 yang berdiri , maka saya mengalah dan memberi tempat duduk saya kepada dia
Saya sering sekali mencoba mempraktekan sifat menghormati orang lain , Karena prinsip saya jika ingin dihormati maka hormatilah dulu orang lain , sebenernya contoh menghormati orang lain sangat mudah , saya juga sering melakukkanya di kelas , misalnya teman saya sedang berpendapat maka saya harus mendengarkannya , karena itu merupakan salah satu sifat menghormati orang lain
Saya juga tidak pernah meremehkan hasil kerja keras orang lain , misal teman saya membuat suatu karya atau memberikan suatu pendapat , saya tidak pernah meremehkannya karena itu merupakan suatu sifat menghormati orang lain , jadi menghormati orang lain sangat diperlukan untuk menjalin silaturahmi dalam kehidupan sehari – hari , dikelas maupun di lingkungan keluarga , dan jangan pernah menghilangkan sifat menghormati orang lain , karena itu juga merupakan salah satu ciri orang yang mempunyai sifat baik.
Pengalaman saya menghormati orang lain dalam bermasyarakat adalah , ketika saya ada acara maka orang tua yang saya dahulukan , dan disetiap kegiatan dalam lingkungan saya , saya selalu menghargai apa yang dilakukan orang lain ,

selalu bersilaturahmi ke tetangga juga merupakan salah satu contoh menghargai orang lain , ketika teman / tetangga sakit , saya selalu menjenguk itu juga merupakan cara untuk menghargai orang lain.
Menghargai karya orang lain juga merupakan salah satu contoh menghormati orang lain , saya tidak pernah menghina karya orang lain karena itu merupakan sebuah karya yang belum tentu saya bisa membuatnya , saya sering melakukan itu dalam kegiatan sehari – hari .
Saya selalu dididik orang tua saya untuk selalu menghormati orang lain agar saya juga dihormati orang lain , karena dalam kehidupan ini kita tidak bisa hidup seorang diri , karena perlu bantuan orang lain , jadi saya selalu menghormati orang lain untuk menjaga kedamaian dan ketentraman dalam kehidupan saya .
Dalam perkuliahan sifat menghormati orang lain sangat diperlukan , ketika saya berada dikelas saya berusaha menghargai semua orang yang ada dikelas itu teman saya , dosen dll , ketika teman saya memberikan pendapat atau bertanya , saya selalu mendengarkan dengan baik tanpa menyela , itu merupakan salah satu contoh menghargai orang lain dan ketika dosen menjelaskan materi perkuliahan , saya juga selalu menyimak dengan tenang dan tidak melakukan kegiatan selain mendengarkan dosen misalnya : bermain hp , mengorbol dengan teman, dll .
Jadi dalam kehidupan sehari-hari sifat menghormati orang lain sangat diperlukan karena bermanfaat bagi orang lain tetapi juga bermanfaat bagi kehidupan diri sendiri , apalagi di dunia ini kita diciptakan berdampingan dengan orang lain , maka dengan cara menghargai orang lain itulah akan terjadi kedamaian dan ketentraman dalam bermasyarakat , saya sering mempraktekan sifat menghargai orang lain terutama di lingkunga keluarga dan daerah sekitar rumah saya .

          Saya selalu dididik dengan orang tua saya untuk selalu menghargai orang lain , karena dengan menghargai orang lain , kita akan dihargai dan kita juga dihormatinya , dikeluarga saya juga banyak hal yang dilakukan dengan menghormati orang lain , misalnya saya selalu menghormati apapun keputusan ibu saya , dan saya juga menghormati kakak saya 

No comments:

Post a Comment