"Sang juara bukan yang tak pernah gagal, tapi yang tak pernah berhenti mencoba meski mengalami kegagalan, sampai kesuksesan menghampirinya"

Monday 20 March 2017

PENERAPAN KOMPUTASI MODERN (Rumah Sakit Pertamina)



PENGERTIAN KOMPUTASI MODERN

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.
Komputasi Modern adalah Proses perhitungan untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Seribu tahun lalu perhitungan umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

MACAM-MACAM KOMPUTASI MODERN

Sebelumnya jenis-jenis komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

1.      1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak

Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan  perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.

2.      2.  Grid Computing

Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan. Pekerjaan itu sendiri dikontrol oleh satu komputer utama, dan dipecah menjadi beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara bersamaan pada komputer yang berbeda. Tugas-tugas ini tidak perlu saling eksklusif, meskipun itu adalah skenario yang ideal. Sebagai tugas lengkap pada berbagai unit komputasi, hasil dikirim kembali ke unit pengendali, yang kemudian collates itu membentuk keluaran kohesif.

3.      3. Cloud Computing atau Komputasi Awan
Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas. Semua yang terlihat adalah sebuah antarmuka, yang menerima masukan dan memberikan output. Bagaimana output ini dihitung benar-benar tersembunyi.


CONTOH PENERAPAN KOMPUTASI MODERN

Contoh lain penerapan komputasi modern adalah di dibidang kesehatan, khususnya website rumah sakit. Disini, saya menggunakan contoh

website Rumah Sakit Pusat Pertamina (http://www.pertaminahospital.com/).

Penerapan komputasi modern khususnya cloud computing dapat dilihat dari pncarian jadwal dokter dan juga pasien dapat membooking jadwal (melakukan pendaftaran) secara online.

Berikut adalah tampilan awal website :


Untuk pencarian (search) dapat dilakukan dengan memilih pada menu utama yaitu Jadwal dokter atau pada sidebar yaitu Praktek Dokter. Output yang ditampilkan sama. Berikut ini adalah pencarian jadwal dokter menggunakan menu utama.

Pertama-tama, pilih jadwal dokter. Kemudian, pilih spesialisasi maka akan muncul nama dokter berdasarkan spesialisasinya. Lalu, pasien cukup memilih nama dokternya, informasi mengenai dokter tersebut lengkap dengan jadwalnya akan tampil seperti gambar berikut :

 

                                   




Untuk booking jadwal, fasilitas ini sebenarnya hanya berlaku apabila pasien sudah mendaftar sebelumnya dan memperoleh kartu pasien. Pasien cukup mengisi data pada formulir yang tersedia seperti nama, nomor kartu, tempat tanggal lahir, alamat, telepon, email, via contact, pilih poliklinik yang diinginkan, pilih dokter, formulir seperti pada gambar berikut :

                                   

Komentar : 

Menurut saya dengan menggunakan komputasi modern seperti diatas , telah membantu pasien yang akan berobat ke rumah sakit tersebut , dan mempermudah pasien dalam memberikan infomasi yang secara detail , sehingga dokter bisa memberikan pelayanan yang maksimal .


SUMBER :




No comments:

Post a Comment